Sistem operasi Android adalah sistem operasi telepon selular terkemuka saat ini. Walaupun umurnya jauh lebih muda daripada produk yang lain, namun sistem operasi Android terbukti mampu menyaingi mereka semua. Pada beberapa kesempatan yang lalu kita telah membahas Pengertian Dari Sistem Operasi Android serta Kelebihan dari sistem android, Nah untuk artikel kali ini kita akan menilik sedikit mengenai beberapa versi sistem operasi Android.

Sistem Operasi Android Versi Pertama

Rilis perdana sistem operasi Android adalah pada 5 November 2007. Ini merupakan Android versi 1. Kemudian Pada 9 Maret 2009, Google merilis sistem operasi Android yang baru yaitu versi 1.1. Pada versi baru ini sistem operasi Android dilengkapi dengan pengembangan dalam hal tampilan serta integrasi layanan email. Tak lama setelah itu sekitar pertengahan Mei 2009, sistem operasi Android versi 1.5 atau lebih dikenal dengan nama Cupcake pun dirilis. Saat itu sistem operasi Android sudah dilengkapi dengan aplikasi perekam video, unggah youtube serta integrasi picasa.

Hanya selang beberapa bulan, Google kembali merilis sistem operasi Android Donut yaitu Android versi 1.6. Pada September 2009 ini kemampuan sistem operasi Android kian bertambah dengan Text-to-speech engine, akurasi proses pencarian yang lebih tinggi dan beberapa fitur lainnya. Demikianlah perkembangan Sistem Operasi Android Versi Pertama yang begitu cepat sehingga dalam tahun 2009 saja terdapat tiga kali rilis.

Sistem Operasi Android Versi Kedua

Sama seperti Android versi pertama, Android versi kedua ini juga dikembangkan dengan sangat intensif oleh Google. Tercatat bahwa sistem operasi Android versi 2.0/2.1 (Eclair) diluncurkan 3 Desember 2009. Perubahan dramatis dengan layanan browser baru dan dukungan HTML5 serta terjadi pula peningkatan Google Maps 3.1.2. Untuk mendukung pengembangan sistem operasi Android yang sangat cepat, Google bahkan mengadakan kompetisi berhadiah $25,000 yang ditujukan bagi para pengembang aplikasi mobile terbaik.

Pada 20 Mei 2010, sistem operasi Android telah mampu mencapai kecepatan 2 sampai 5 kali lebih cepat dari sebelumnya. Maka diluncurkanlah sistem operasi Android versi 2.2 (Froyo). Selain itu dukungan Adobe Flash 10.1 bersama V8 JavaScript engine juga ikut serta meningkatkan kecepatan browser Google Chrome pada sistem operasi Android Froyo ini.

Kemudian Android kembali diperbaharui dengan membenamkan fungsi copy paste serta desain ulang layar antar muka (User Interface) hingga lebih baik. Sistem operasi Android ini diberi nama Gingerbread dan diluncurkan pada 6 Desember 2010. Dengan demikian sistem operasi Android telah sampai pada versi 2.3.

Sistem Operasi Android Versi Ketiga (2011)

Sistem operasi Android Versi Ketiga dirancang khusus untuk tablet. Tentu saja tampilannya telah di desain hingga mendukung layar besar. Android versi 3.0/3.1 ini disebut Android Honeycomb. Dan untuk perangkat Android baru umumnya telah menggunakan sistem operasi tipe ini. Hingga kini sistem operasi Android terus diperbaharui, dan tidak salah jika anda memilih perangkat Android sebagai sahabat yang senantiasa menemani karena dukungan teknologinya yang terus diperbaharui.

Ok Sob…!! Kita nantikan saja gebrakan apa lagi yang akan diluncur oleh Google untuk sistem operasi Android ini.

Iklan