Download File Ini…

 PERKEMBANGAN OPERATING SYSTEM (OS)

A. ANALISA MASALAH

WINDOWS XP

Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode “Whistler”) selama pengembangan. Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16-32/bit bityang sudah menua.

Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen. Jajaran sistem oprasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007.

Windows XP tersedia dalam beberapa versi:

  1. Windows XP Home Edition, yang ditujukan untuk pasar desktop dan laptop rumahan.
  2. Windows XP Home Edition N, sama seperti Home Edition yang biasa, tapi tidak memiliki Windows media player, karena memang peraturanuni Eropa tidak memperbolehkannya.
  3. Windows XP Professional, yang ditujukan bagi para power user dan pebisnis.
  4. Windows XP Professional N, sama seperti Professional Edition, tapi tidak memiliki Windows media player, karena peraturan Uni Eropa tidak mengizinkannya.
  5. Windows XP Media Center Edition (MCE), dirilis pada bulan November 2002, merupakan Windows XP Home Edition yang ditujukan untuk dektop dan laptop dengan penekanan pada hiburan rumahan.
  • Windows XP Media Center Edition 2003
  • Windows XP Media Center Edition 2004
  • Windows XP Media Center Edition 2005, yang dirilis pada 12 oktober 2004.

6.    Windows XP Tablet PC Edition, yang ditujukan untuk Pc Tablet (PC dengan Layar Sentuh)

  • Windows XP Tablet PC Edition 2005
  • Windows XP 64-bit Edition 2003, dibuat berbasiskan basis kode Windows NT 5.2 (sama seperti Windows Server 2003).
  1. Windows XP Embedded, yang ditujukan untuk Sistem Banam(embedded system)
  2. Windows XP Starter Edition, yang ditujukan untuk para pengguna komputer di beberapa negara berkembang.
  3. Windows XP Professional x64 Edition, yang dirilis pada 25 April 2005 untuk sistem-sistem rumahan dan workstation yang menggunakan Prosesor 64-bit  yang berbasiskan set instruksi x86-64 (AMD64 atau Intel EM64T).
  4. Windows XP 64-bit Edition, merupakan sebuah versi Windows XP yang ditujukan untuk jajaran prosesor Intel Intanium, yang mempertahankan kompatibilitas dengan aplikas 32-bit dengan menggunakan Emulator perangkat lunak. Versi ini sama saja dengan Windows XP Professional, dari segi fitur-fiturnya. Produk ini dihentikan pada bulan september 2005 saat undor terakhir workstation berbasis prosesor intanium menghentikan produk-produknya sebagai “workstation”, karena memang mereka cenderung memfokuskan Itanium sebagai basis komputer server.

WINDOWS 7

Rilis selanjutnya setelah Windows Vista adalah Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spesifikasi Windows 7 lebih ringan dan harganya juga lebih murah dari pada Windows Vista.

Sama seperti Windows Vista, Windows 7 juga terdiri 6 edisi yaitu:

  1. Windows 7 Starter
  2. Windows 7 Home Basic
  3. Windows 7 Home Premium
  4. Windows 7 Professional
  5. Windows 7 Ultimate
  6. Windows 7 Enterprise

B.        PERBANDINGAN MASALAH

 Berikut ini keunggulan Windows 7 yang diklaim oleh bos baru Microsoft pengganti Bill Gates, Steve Ballmer :

  1. Menemukan File Dengan Cepat

Untuk menemukan file tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Caranya tinggal klik pada menu start dan ketik di dalam kotak pencarian apa saja yang akan dicari. Setelah terbuka, pilih apa yang anda inginkan dan dengan cepat akan terwujud.

  1. Melihat Seluruh Jendela Dengan Mudah

Pada saat banyak jendela terbuka, kadang kita bingung nama atau isinya. Windows 7 membantu anda menengoknya dengan mudah dengan hanya mengintip dari taskbar. Caranya dengan melayang-layankan kursor di atas ikon dari jendela terbuka. Bakal terlihat nama ikon dan program tersebut. Layangkan lagi di atas preview untuk melihat keseluruhan layar. Klik untuk menghubungkannya deangan jendela yang anda ingin lihat.

  1. Mengintip Diam-Diam Desktop Anda

Sering kali kita harus menutup jendela satu per satu untuk melihat desktop. Fitur Aero Peek membantu anda mengintip desktop tanpa menyentuh jendela. Caranya dengan melayangkan kursor di atas kotak bujur sangkar pada pojok kanan bawah. Klik di atas untuk memperkecil seluruh jendela yang terbuka. Ketika layar desktop terbuka, klik nagi untuk menampilkan kembali.

  1. Mencari Apa yang Diinginkan Dengan Sangat Mudah

Jump List pada Windows 7 membantu anda mencari file, lagu, gambar, atau dokumen lainnya dalam desktop secara cepat. Hal ini mengurangi waktu terbuang anda menemukan dokumen yang kemarin dioperasikan. Fitur ini ada menu start dan taskbar. Dengan 1 klik, anda dapat melihat website yang sering digunakan pada internet explorer 8. Anda dapat menarik dan membuang sebuah file dari Jump List.

  1. Membandingkan 2 Jendela Satu Sama Lain

Fitur Snap membantu kita melihat kembali jendela dengan lebih baik dan memudahkan membandingkan 2 dokumen satu sama lain. Carannya dengan menarik jendela ke satu sisi dari layar. Ketika pointer mouse ke sisi lain, jendela akan snap setengah dari layar. Untuk memperluasnya secara vertical, tarik border ke pinggir layar. Ketika pointer mouse di pinggir, jendela akan snap ke vertical penuh.Satu Klik D

  1. Satu Klik Dapat Semua

Dengan fitur pin, anda dapat mengakses taskbar dengan satu klik. Layangkan kursor di atas program favorit dan tarik ke taskbar. Atau klik kanan di atasnya dan pilih “pin” di Taskbar. Program anda akan jadi pin. Untuk membukanya, klik pada ikon Taskbar. Anda dapat membuka pin dengan program lain pada saatnya.

  1. Set-up Nirkabel Dengan Mudah
  2. Dengan Windows 7 set-up nirkabel jauh lebih mudah. Anda dapat menambahkan yang lain, termasuk jaringan printer dan digital media player. Caranya dengan meluncurkan wizard “Add a Device” lalu ketik lokasi pin pada dengan Cepat, Aman dan Mudah

Internet Explorer 8 membuat perangkat bergerak.

Berselancar di Internet penggunaan internet jadi lebih cepat, aman dan mudah. Melalui web slices, anda dapat melacak jejak informasi secara khusus. Ini lebih mudah diikuti ketimbang lelang di eBay atau berita terbaru dari ESPN. Dengan kontak instant search di internet explorer, hasilnya dapat diikuti secara real time. Hasil pencarian juga dilengkapi dengan the SmartScreen, yaitu filter yang melindungi anda dari spam, virus dan lainnya. Sedangkan InPrivate membantu privasi anda menjelajahi dunia maya setelah menutup browser.

  1. Personalisasi Komputer Anda

Dengan Windows 7, Anda tidak terlalu sulit membuat komputer lebih personal. Caranya dengan klik kanan pada desktop kemudian klik personalize untuk memilih dari banyak tema yang menarik atau putar belakang desktop ke dalam slide show foto favorite. Klik Gadgets untuk menambahkan informasi yang sering dibutuhkan pada desktop.

10. Start-up dan Shutdown
Hasil dari tes dasar ini sangat mengejutkan. Untuk perbandingan saat Start-up, dilakukan dengan cara menekan tombol power dan mematikan waktu ketika semua proses Start-up selesai. Untuk hal ini, Win XP adalah yang tercepat, tapi perlu diingat bahwa laptop yang digunakan dibuat pada jaman XP; mesin-mesin baru akan disesuaikan untuk Win 7. Tetapi, tujuan dari tes ini adalah apa yang dapat diperoleh dengan mengganti OS dengan Win 7.

Windows XP

Windows 7

Waktu Start-up (dalam menit: detik)

0:-49

1:03

Waktu Shutdown (dalam detik)

17

11.5

Membuat video dengan Picasa (dalam menit: detik)

5:36

5:41

Geekbench (Semakin tinggi lebih baik)

1,241

1,260

SunSpider (dalam milidetik, semakin kecil lebih baik)

3,170

1,828

PCMark05 (Semakin tinggi lebih baik

1,868

1,823

Win 7 menyamakan kedudukan dalam hal Waktu Shutdown, mengungguli XP dengan beda waktu 5.5 detik, atau sebesar 32%. Pada tes sebelumnya, Win 7 melewati jauh Vista pada Start-Up maupun Shutdown. Kritik utama untuk XP adalah waktu Shutdown yang lama, dan itu telah terbukti. Vista saja lebih cepat dari XP. Tentu saja, untuk waktu Start-Up, XP masih yang tercepat.

C. KESIMPULAN

 Sebelumnya , sudah pernah dibandingkan antara Windows 7 dengan Windows XP, dan pemenangnya adalah Windows 7. Tapi, masih ada pendahulu yang sampai berita ini diturunkan masih digemari hampir di seluruh penjuru dunia. Dia adalah Win XP. Para pengguna OS WIN pasti berpikir ingin “migrasi” ke Windows 7 karena banyak gosip atau isu bahwa Windows 7 adalah OS WIN yang bagus. Maka dari itu, diadakan tes performa, Windows XP dan Windows 7. Siapa di antara keduaya yang akan keluar sebagai pemenang.

Sebagai permulaan, tes ini dilakukan pada laptop Toshiba Satellite M45-S269 dengan spesifikasi 1.73-GHz dengan 1GB RAM dan sebuah hard drive 100GB. Karena berpindah dari XP akan menjadi pertanyaan bagi semua orang, pada tes ini digunakan Windows XP Professional, dan Windows 7. Semuanya menggunakan versi 32-bit dan semuanya dites setelah dilakukan format berulang kali.

Setelah itu, menginstallMicrosoft Office 2007 Ultimate, Windows Live Essentials (Mail, Movie Maker, Photo Gallery, Messenger), dan Picasa 3.5. Ini dilakukan agar hasilnya akan lebih nyata jika dibandingkan dengan tes tanpa menggunakan aplikasi apapun. Kemudian tes dilakukan dengan cara mencoba menyala-matikan setiap OS, serta peformanya. Tes ini dilakukan sebanyak tiga kali dan dirata-ratakan hasilnya.

D. SARAN 

           Agar dapat mengikuti perkembangan OS yang semakin maju, maka saat  disarankan untuk memakai Windows 7, karena sudah terbukti lebih unggul daripada Windows XP. Supaya generasi saat ini tidak tertinggal oleh perkembangan teknologi yang semakin melaju dengan cepatnya.

ABSTRAKSI

 

Dalam makalah ini menjelaskan bahwa Operating System

( OS ) merupakan Sofware / perangkat lunak yang terus berkembang. Oleh karena itu Operating System

( OS ) perlu dipelajari di era globalisasi ini.

Dibagian awal disajikan contoh perkembangan OS yang berisi tentang analisa masalah,

perbandingan masalah, kesimpulan dan saran, serta referensinya.

Iklan