A. TREND HARDWARE
1. Perangkat Keras dalam Teknologi Informasi

 Perangkat utama yang digunakan dalam teknologi informasi sudah barang tentu adalah perangkat komputer itu sendiri yang harus memiliki spesifikasi tertentu. Sebuah PC / Komputer juga terdiri dari beberapa perangkat keras, yang diantaranya adalah input device, output device dan alam pemprosesan (CPU).
Komponen kedua yang diperlukan adalah media transmisi. Media transmisi ini terdiri atas kabel yang digunakan hingga sistem relay yang dapat menyambungkan komunikasi. Penggunaan media transmisi ini sangat bergantug kepada jenis transmisi yang digunakan pada jalur komunikasi atau kanal komunikasi (communcation channel). Komponen ketiga yang digunakan adalah alat pemroses data yang digunakan untuk melakukan pengiriman dan penerimaan informasi. Alat ini di antaranya adalah modem, multiplexer, concentrator, dan front end processor. Modem, yang merupakan kependekan dari Modulator-Demodulator, adalah perangkat keras yang bertugas mengubah data digital menjadi data analog atau sebaliknya. Di samping itu, dikenal juga modem khusus yang dinamai accoustic coupler yang dapat mengubah data digital menjadi sinyal suara (audio) atau sebaliknya yang dikirimkan melalui jalur telepon. Modem jenis inilah yang umumnya digunakan dalam koneksi internet yang menggunakan dial up connection. Multiplexer dan concentrator merupakan alat yang melengkapi modem yang dapat menggabungkan sejumlah terminal (komputer) dalam melakukan koneksi sekaligus. Fungsi multiplexer dan cencentrator ini setara dengan server yang digunakan dalam sistem jaringan.

a. Personal Computer
Soal PC, jangan pernah anggap enteng komputer rakitan. PC rakitan bahkan berani beri garansi lebih lama daripada yang branded dan karena rakitan, kompatibilitasnya dengan berbagai komponen besutan manufacturer lain sangat tinggi. Perkiraan kasar yang saya dapat dari berbagai media 70% dari pangsa pasar PC nasional adalah PC rakitan. Brand awarness memang tumbuh pesat, namun trend pertimbangan konsumen lebih bergeser ke arah affordability dan functionality, bahkan untuk kelas korporat sekalipun. Faktor pendukungnya adalah bahwa PC rakitan lebih murah, model tak kalah bagus, kalau rusak mudah diperbaiki, dan komponen-nya mudah didapat. Selain itu PC rakitan ‘dianggap’ tidak melawan HAKI atas merek atau model tipe tertentu dari pabrikan yang sudah mapan.

b. Notebook
Notebook sudah memiliki standard kelengkapan fasilitas Wi-Fi, Bluetooth & long-life batery (di atas 2 jam) dan untuk memudahkan mobilitas, berat tak bisa lebih dari 2.2 kg dengan layar favorit WXGA (Wide Extended Graphic Array/ layar lebar) ukuran 12 s/d 14.1 inci. Bagi kebanyakan orang layar ukuran 15 inci, apalagi yang bukan wide screen dipandang boros tempat dan tampaknya kurang diminati. Integrated web-cam sudah mulai di-tanamkan pada beberapa merek, dan tampaknya trend dua tahun ke depan akan mirip handphone keluaran terkini yang menanamkan kamera mega-pixel sebagai kelengkapan standard. Perkiraan saya, gabungan pangsa pasar Toshiba dan Acer kemungkinan besar masih akan menguasai pasar notebook branded tahun 2007 (antara 65%-70%), meskipun merek-merek baru keluaran lokal dan Cina sudah mulai unjuk gigi. Sekarang sudah ada juga laptop dengan ukuran yg kecil.

c. Storage Memory
SD-MMC (serta versi mininya) akan tetap menjadi pilihan publik sebagai auxiliary memory (memori eksternal) terfavorit karena kompatibilitasnya dengan berbagai gadgets, kamera digital dan pemutar lagu MP3. Sedangkan tipe thumb-drive atau yang lebih dikenal dengan Flash Disk akan tetap populer sebagai pelengkap PC, baik desktop maupun notebook di tahun-tahun mendatang karena terbukti tahan banting dan mulai dikembangkan untuk bisa menampung data lebih besar dari 2 GB. Awal tahun depan jangan heran bila Flash Disk kelas 512 MB sudah mulai sulit didapatkan, apalagi yang 256 MB. Jangan pula terkecoh dengan garansi ‘seumur hidup’ karena toh rata-rata produk SD-MMC dan Flash Disk itu akan obsolete (berhenti diproduksi) setelah kira-kira 3 tahun, dan dengan demikian garansi secara otomatis hilang setelah obsolete. DVD-RW untuk tahun depan masih akan kesulitan menggerogoti pasar CD-RW karena banyak yang merasa belum membutuhkan burn data hingga 4,7 GB ke dalam satu keping disk. Justru pasar masih menunggu diluncurkannya BlueRay yang berkapasitas antara 20 GB hingga 50 GB per-keping. Penantian ini tampaknya akan segera terwujud tahun depan, dan semester II tahun 2007 kemungkinan besar harga Blue Ray akan menjadi makin kompetitif.

d. Konektifitas
Kabel akan makin tergusur dari ruang-ruang kantor dan rumah tangga. Transfer data nir-kabel baik itu melalui Wireless LAN maupun fasilitas hotspot akan menjadi trend paling panas tahun 2007. Penyedia hardware pendukung teknologi konektifitas mesti memperhatikan hal ini, karena reliabilitas transfer tanpa kabel sangat rentan terhadap hambatan fisik (misal tembok antar ruang atau antar lantai, interferensi dari gelombang radio liar yang kebetulan berfrekuensi sama atau mendekati sama, dan daya jangkau tansceiver-nya). Jadi hardware yang berkualitas, sedikit mahal tak masalah, akan menjadi incaran para eksekutif IT di perusahaan-perusahaan. External USB Bluetooth Device yang mengklaim berdaya jangkau 100 meter pun pada kenyataannya itu berarti 100 meter tanpa hambatan apapun (misalnya di lapangan atau aula besar). PCMCIA-CDMA atau akan mulai digemari untuk dipasangkan dengan notebook ketimbang HP CDMA dengan kabal data.

e. RAM
RAM 1 GB dan expandable hingga 2 GB adalah harga mati. Mainboard yang mendukung hal itu pun kemungkinan besar akan muncul tahun depan.

f. Processor
Untuk server, Intel Xeon atau AMD Opteron dengan minimum 2 GB Standard Memory dengan clock speed min 2.6 GHz akan menjadi pilihan perkantoran menengah ke atas yang memerlukan tak hanya reliabilitas processing bagi sistem ERP mereka, tetapi juga bagaimana data-data bisa diakses secara serentak tanpa ada gangguan kecepatan akses yang berarti. Prediksi saya, standard memori minimum 2 GB yang expandable sampai 12 GB masih akan bertahan karena faktor harga yang relatif stabil dan juga reliabilitas. Chipset 2.6 s/d 3.0 GHz yang tertanam dalam processor sekelas Intel Xeon (dual CPU) kemungkinan besar belum akan berevolusi. Sedangkan untuk PC desktop dan notebook, prosesor sekelas Dual Core dan Core2Duo akan menjadi standard notebook yang kemungkinan besar pada semester kedua 2007 sudah menjadi semacam ‘kebutuhan pokok’ yang karena diproduksi massal harganya tak jauh beda dengan yang single-core.

g. Hardware lain dan Accessories
Tampaknya LCD monitor mulai menggeser monitor tabung (CRT) karena harganya semakin murah, bahkan ada yang di bawah 2-jutaan untuk layar 15 inci. Beberapa LCD monitor telah diintegrasikan dengan multimedia speaker dan web-cam berkualitas baik. Bersiap-siaplah untuk booming permintaan pada semester dua tahun depan, karena umumnya paruh kedua tiap tahun adalah siklus global dimana teknologi baru mulai diwacanakan dan purwarupanya (prototype) sudah di-launching.

h. Trend Perkembangan HardDisk
Trend perkembangan harddisk dapat kita amati dari beberapa karakteristik berikut :
Kerapatan Data/Teknologi Bahan
Merupakan ukuran teknologi bahan yang digunakan seberapa besar bit data yang mampu disimpan dalam satu satuan persegi. Dalam hal kerapatan data dari awal sampai sekarang terjadi evolusi yang sangat kontras. Pada awal perkembangannya kerapannya sekitar 0.004 Gbits/in2 tetapi pada tahun 1999 labortorium IBM sudah ada sekitar 35.3 Gbits/in2. Tetapi menurut http://www.bizspaceinfotech.com akan diperkenalkan apa yang dinamakan TerraBit density. Harddisk pada awal perkembangannya, bahan yang digunakan sebagai media penyimpan adalah iron oxide. Tetapi sekarang banyak digunakan media thin film. Media ini merupakan media yang lebih banyak menyimpan data dari pada iron oxide pada luasan yang sama dan juga sifatnya yang lebih awet.
Head baca/tulis merupakan perantara antara media fisik dengan data elektronik. Lewat head ini data ditulis ke medium fisik atau dibaca dari medium fisik. Head akan mengubah data bit menjadi pulsa magnetik dan menuliskannya ke medium fisik. Pada proses pembacaan data prosesnya merupakan kebalikannya.
Proses baca tulis data merupakan hal yang sangat penting, oleh karena itu mekanismenya juga perlu diperhatikan. Dalam pendahuluan sebelumnya terdapat perbedaan letak fisik head dalam operasinya. Dulu head bersentuhan fisik dengan metal penyimpan. Kini antara head dan metal penyimpan sudah diberi jarak. Bila head bersentuhan dengan metal penyimpan, hal ini akan menyebabkan kerusakan permanen fisik, head yang aus, tentu saja panas akibat gesekan. Apalagi teknologi sekarang kecepatan putar harddisk sudah sangat cepat. Selain itu teknologi head harddiskpun juga mengalami evolusi. Evolusi head baca/tulis harddisk : Ferrite head, Metal-In-Gap (MIG) head, Thin Film (TF) Head, (Anisotropic) Magnetoresistive (MR/AMR) Heads, Giant Magnetoresistive (GMR) Heads dan sekarang yang digunakan adalah Colossal Magnetoresistive (CMR) Heads. Ferrite head, merupakan teknologi head yang paling kuno, terbuat dari inti besi yang berbentuk huruf U dan dibungkus oleh lilitan elektromagnetis. Teknologi ini diimplementasikan pada pertengahan tahun 1980 pada harddisk Seagate ST-251. Kebanyakan terdapat pada harddisk yang ukurannya kurang dari 50MB. Metal-In-Gap (MIG), merupakan penyempurnaan dari head Ferrite. Biasanya digunakan pada harddisk yang ukurannya 50MB sampai dengan 100MB. Thin Film (TF) heads, berbeda jauh dengan jenis head sebelumnya. Head ini dibuat dengan proses photolothografi seperti yang digunakan pada pembuatan prosessor. (Anisotropic) Magnetoresistive (MR/AMR) Heads, head ini digunakan untuk membaca saja. Untuk penulisannya digunakan head jenis Thin Film. Diimplementasikan pada harddisk ukuran 1GB sampai dengan 30GB. Giant Magnetoresistive (GMR) Heads, merupakan penemuan dari peneliti Eropa Peter Gruenberg and Albert Fert. Digunakan pada harddisk ukuran besar seperti 75GB dan kerapatan tinggi sekitar 10 Gbits/in2 sampai dengan 15 Gbits/in2.Karena teknologi Giant Magnetoresistive (GMR) mulai ditarik dari pasaran, sebagai penggantinya adalah Colossal Magnetoresistive (CMR).

B. TREND SOFTWARE
1. Trend perkembangan software operating system
a. Sistem operasi
Sejalan dengan perkembangan kemampuan prosesor maka sistem operasi berskala 32 bit dan 64 bit akan semakin mendominasi pasar terutama yang mendukung teknologi open systems. Sistem operasi (Operating System) adalah software yang mengatur operasi-operasi dasar sistem komputer. Sistem operasi diantaranya mengendalikan bagaimana memori utama dibagi, bagaimana dan dalam urutan bagaimana proses operasi ditangani, bagaimana informasi mengalir dari dan ke prosesor utama, bagaimana data dikirim ke printer untuk dicetak dan ke layar untuk ditampilkan, dan bagaimana informasi diterima dari keyboard.
Sistem operasi menyediakan platform software di atas software lain, yang disebut program aplikasi, supaya dapat dijalankan di komputer. Program aplikasi harus ditulis untuk dijalankan pada sistem operasi tertentu. Program yang ditulis khusus dijalankan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows tidak dapat dijalankan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Linux, dan sebaliknya. Sebagai contoh, MS-DOS (Microsoft Disk Operating Sistem) adalah sistem operasi yang pada awalnya dikembangkan microsoft untuk IBM. Sistem operasi yang digunakan adalah sistem operasi 16 bit dan interface berbasis teks yang tidak mendukung banyak pengguna (multiuser) dan multitasking. Di lain sisi, Graphical User Interface (GUI) muncul dengan interface berbasis visual. Dipopulerkan oleh Apple dengan Macintosh-nya, GUI memanfaatkan window, icon, dan mouse untuk memudahkan penggunaan komputer. Dengan sistem operasi ini maka semua aplikasi yang dijalankan pada Macintosh mempunyai interface yang mirip. GUI memudahkan user mempelajari aplikasi baru jika telah mengenal sebuah aplikasi.
Perkembangan Software di indonesia beserta perangkatnya berkembang sangat pesat. Ini ditandai dengan semakin banyaknya para pembuat software. Tidak hanya untuk keperluan bisnis, untuk keperluan pembelajaran juga tidak kalah pesatnya.
Pada awal perkembangannya, software pendidikan lebih didominasi oleh software dalam bentuk tutoriall misalnya tutorial belajar Windows XP, tutorial belajar MS Word dll.Satu bulan yang lalu saya juga ditanya salah seorang guru dari Kalimantan, ia menanyakan bisa tdk mengusahakan software tutorial belajar gitar ?ini membuktikan bahwa segala disiplin ilmu orang menghendaki segalanya menjadi praktis, sehingga untuk mempelajarinya tidak terkendala waktu dan jika ingin mengulang – ulang bahasan tertentu tinggal menjalankan lagi software tersebut.
Dalam perkembang berikutnya, kini juga sudah mulai dikembangkan software pendidikan yang berfungsi untuk membantu proses belajar mengajar, mulai dari system penerimaan siswa, penjadwalan mata pelajaran, system pembuatan nilai dll.
Beberapa contoh produk software pendidikan yang ada di Indonesia :

• Pesona Fisika dan Pesona Matematika untuk SMP, SMA dari Kuantum Inti Dinamika
• Software EduGames Maximize Studio untuk tingkat SD
• Software Anak Cerdas dari Akal Interaktif
• Software Tutorial Komputer dari BambooMedia, dll
• PT Elex Media Komputindo (EMK) untuk prasekolah, TK dan SD
• PT Citra Andra Media (CAM Solution) yang meluncurkan software pendidikan dengan merek AnimasiMAFIA, yang meliputi bahan ajar Matematika, Fisika dan Kimia
• Acatech, ia adalah pemain baru didunia software pendidikan, namun tampil dengan konsep baru. Ia menyediakan software untuk membantu prosesbelajar mengajar untuk SD, SMP dan SMU, menyediakan 15 modul.

             Seiring dengan perkembangan tersebut diatas, mau atau tidak mau era kompetisi kualitas pendidikan semakin ketat, semakin kita menjauhi, maka kita akan semakin tertinggal.Penerapan teknologi tidak harus selalu menjadi “barang mewah” untuk sekolah-sekolah di Indonesia, khususnya sekolah yang minim dari segi pengadaan biaya. Turning Point-nya adalah bagaimana menciptakan rekayasa teknologi yang tepat guna dan tidak mahal.
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard.
Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :Aritcmatics Logical Unit (ALU)Control Unit (CU)Memory Unit (MU).
Sejarah Perkembangan Mikroprocessor Dimulai dari sini :

1971 : 4004 Microprocessor
Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.

1972 : 8008 Microprocessor
Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.

1974 : 8080 Microprocessor
Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan

1978 : 8086-8088 Microprocessor
Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.

1982 : 286 Microprocessor
Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.

1985 : Intel386™ Microprocessor
Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004

1989 : Intel486™ DX CPU Microprocessor
Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.
1993 : Intel® Pentium® ProcessorProcessor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.

1995 : Intel® Pentium® Pro Processor
Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.

1997 : Intel® Pentium® II Processor
Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.

1998 : Intel® Pentium II Xeon® Processor
Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.

1999 : Intel® Celeron® Processor
Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.

1999 : Intel® Pentium® III Processor
Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.

1999 : Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.

2000 : Intel® Pentium® 4 Processor
Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.

2001 : Intel® Xeon® Processor
Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.

2001 : Intel® Itanium® Processor
Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).

2002 : Intel® Itanium® 2 Processor
Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium

2003 : Intel® Pentium® M Processor
Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.

2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors
Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.

2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets
7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.

2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.

2005 : Intel Pentium D 820/830/840
Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.

2006 : Intel Core 2 Quad Q6600
Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )

2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)

2010 : Intel Core i3 Processor
Kinerja smart dimulai disini
Presesor Intel Core i3 adalah bagian Intel HD Graphics yang memberikan arsitektur baru revolusioner bagi pengalaman komputasi yang tak tertandingi. Sebagai tingkat pertama dalam keluarga prosesor baru intel, prosesor Intel Core i3 adalah entry pint yang sempurna, cepat dan responsif.
Prosesor ini dilengkapi dengan
Intel HD Graphics, mesin cideo yang halus, pemutaran video HD dengan kualitas tinggi, dan kemampuan 3D tingkat lanjut , menyediakan solusi grafik yang ideal untuk komputasi sehari-hari.
Sebuah pilihan cerdas untuk rumah dan kantor, prosesor Intel Core i3 juga memberikan fitur untuk bekerja pada dua tugas pada waktu yang sama, memberikan kinerja yang anda butuhkan untuk smart multitasiking. Jangan biarkan terlalu banyak aplikasi yang terbuka, memperlambat anda dan PC anda. Dapatkan kinerja smart sekarang juga.
Informasi Produk

3.06 GHz and 2.93 GHz core speeds
Four processing threads
4 MB of Intel Smart Cache
Two channels of DDR3 1333 MHz memory
Fitur-fitur dan Manfaat
32nm dual-core processing mengelola dua core prosesor independent dalam satu paket fisik pada frekuensi yang sama.

Intel Hyper-Threading Technology memberikan dua proses fisik threads per inti untuk total empat threads untuk melakukan komputasi besar. Ini 4-way proses multi-task memungkinkan setiap core dari prosesor anda untuk bekerja pada dua tugas pada waktu yang sama.
Intel Smart Cache membagi cache secara dinamis dialokasikan untuk masing-masing prosesor core, berdasar pada beban kerja. Hal ini adalah efisien, implementasi/pelaksanaan dual core dioptimalkan untuk meningkatkan probabilitas bahwa masing-masing core dapat mengakses data dari cache cepat, secara signifikan mengurangi latensi yang sering digunakan data dan meningkatkan kinerja.
Intel HD Graphics menyediakan kinerja visual yang luar biasa, untuk gambar lebih tajam, lebih kaya warna, video dan audio sepeti nyata. Tersedia pilihan model dari semua bagian prosesor intel Core terbaru 2010.

2010 : Intel Core i5 Processor
Memperlancar Multitasker dalam Multimedia
Dengan kinerja yang cerdas akan mempercepat atas tugas-tugas yang menuntut, seperti maen game dan mengedit foto, prosesor Intel Core i5 bergerak lebih cepat ketika anda melakukannya.
Prosesor Intel Core i5 secara otomatis mengalokasikan daya proses yang paling dibutuhkan . Kalau anda sedang menciptakan video HD, mengubah musik digital, edikting foto, atau bermain game PC yang paling keren, dengan prosesor Intel Core i5 anda bisa multi tugas dengan mudah dan menjadi lebih produktif daripada sebelumnya.
Informasi Produk
2.66 GHz up to 3.20 GHz with Intel Turbo Boost Technology
4 processing threads
8 MB of Intel Smart Cache
2 channels of DDR3 1333 MHz memory
Fitur-fitur dan manfaat
Dapat meningkatkan kekuatan PC dengan kinerja cerdas dari processor Intel Core i5
32nm dual-core processing terdiri dari dua prosesor yang tidak berkaitan dalam satu paket fisik pada frekuensi yang sama.
Intel Turbo Boost Technology memaksimalkan permintaan kecepatan aplikasi untuk mempercepat kinerja secara dinamis untuk menyesuaikan beban kerja anda lebih performa ketika anda membutuhkannya.
Intel Hyper-Threading Technology memberikan dua rangkaian dua proses fisik per inti untuk total empat rangkaian melalui komputasi besar. 4-way ini proses multi-task memungkinkan setiap inti dari prosesor anda utntuk bekerja pada dua tugas pada waktu yang sama.
Intel HD Grphics menyediakan kinerja visual yang luar biasa untuk gambar lebih tajam, lebih kaya warna, dan video dan audio seperti nyata. Tersedia pilihan model dari semua kelompok prosesor Intal baru 2010.
Integrated memory controller memungkinkan dua alur berkecepatan tinggi memori DDR3 1333MHz . Memory controller ini latensi lebih rendah dan bandwidth yang lebih tinggi memberikan kinerj yang luar biasa untuk aplikasi intensif data.
Intel Smart Cache adalah bagian dari sebuah cache secara dinamis di alokasika untuk masing-masing prosesor inti, berdasarkan beban kerja. Efisien ini, dual core-optimized di optimalkan untuk meningkatkan probabilitas bahwa masing-masing inti dapat memproses data dari cache secara cepat , signifikan mengurangi data latensi yang sering digunakan dan meningkatkan kinerja. Dioptimalkan untuk industri terkemuka multi-threaded games.

2010 : Intel core i7 processor
Pintar dan cepat
Dengan kecepatan,kecerdasan,multi-core teknologi yang kemampuan powernya berlaku di tempat yang di perlukan,processor intel core i7 baru menyejakan terobosan luar biasa dalam kinerja PC anda.Merupakan processor terbaik dari keluarga desktop processor yang ada selama ini.
Kita akan merasakan pengalaman dengan kinerja yang maksimum untuk semua hal yang anda lakukan,hal ini karena adanya kombinasi dari intel turbo boost technology dan intel hyper treading techonolgy(intel HT technology).yang mempunyai performa maksimal agar sesuai dengan beban kerja kita.
Informasi produk

3.06CHz,2.93GHz,N2,66GHz core speed
8 processing threads with intel HT technology
8Mb intel smart cache
3 slot memory DDR3 1066 MHz
Fitur-fitur dan manfaat
Go to the next level of multi-core perpormance processor. Intel Core i7 memberikan suatu terobosan di kapasitas quad-core yang menonjolkan inovasi terakhir dalam teknologi prosessor.

Intel Turbo Boost memaksimalkan kecepatan untuk aplikasi yang dibutuhkan, pencapaian yang dinamis mempercepat untuk melakukan pekerjaan yang lebih banyak ketika anda memerlukannya.
Intel Hyper-Threading Technology memungkinkan aplikasi yang sangat bisa disisipkan untuk melaksanakan pekerjaan paralel yang lebih. Dengan 8 sisipan yang tersedia untuk sistem operasi, multi tasking bahkan menjadi lebih mudah.
Intel Smart Cache menyediakan suatu performa yg lebih tinggi, subsistem lebih effiecient yang dioptimalkan untuk industri bidang permainan multi –thread-ed.
Intel QuickPatch Interconnect diciptakan untuk meningkatkan bandwidth dan rendah latency. Dapat menerima transfer data mencapai speed tinggi hingga kecepatan 25,6 GB/detik dengan prosesor yang sangat extreme.
Integrated memory controller menyediakan 3 slot memory DDR 3 1066 MHz, yang menghasilkan kecepatan memory sampai 25,6 GB/detik. Memory controller ini rendah latency dan mempunyai memori bandwidth yang tinggi sehingga menghasilkan performa yang mengagumkan untuk aplikasi data intensif.
Intel HD Boost secara signifikan meningkatkan kemampuan multimedia dan aplikasi komputer intensif. 128-bit SEE Instruction diciptakan melalui rate dari satu per clock cycle, menyediakan level baru untuk melakukan proses secara efisien dan lebih optimal dengan SSE4.

b. Windows Vista
Siapa yang tidak kenal Windows 98? Atau Windows XP? Kedua Windows tersebut merupakan sistem operasi (OS: Operating System) yang paling terkenal dan paling sukses sejak Windows diluncurkan kepasaran oleh perusahaan Microsoft Corp. Setelah era kesuksesan Windows XP, Microsoft kembali meluncurkan Windows versi baru sebagai suksesor dua Windows sebelumnya, yaitu Windows VISTA. Pada dasarnya, Windows Vista ini diluncurkan untuk bersaing dengan OS yang diluncurkan oleh pihak Linux yang mengutamakan keindahan pada tampilan desktop dan user interface yang menarik. Hal ini sudah diadopsi oleh Windows Vista yang menghadirkan tampilan desktop yang menawan dengan tampilan aero-nya dan didalam Vista sudah ditanamkan program-program tambahan yang akan di install secara otomatis oleh Windows Vista apabila diperlukan, misalnya software untuk printer. Jadi apabila kita ingin menggunakan printer, kita hanya perlu menancapkan kabel dan secara otomatis software printer akan di install oleh Windows Vista, sehingga kita tidak perlu menginstall secara manual.
Mungkin secara sekilah Windows Vista tampak begitu sempurna sehingga Anda bertanya mengapa saya menyebut bahwa Windows Vista itu gagal di pasaran? Mengapa saya bilang kalau Vista gagal dipasaran karena dari hasil penjualan Windows ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Windows XP yang begitu fenomenal. Sekarang mungkin Anda bertanya, apa yang menyebabkan Windows Vista tidak selaris Windows XP? Hal yang palin utama yang menyebabkan Windows Vista susah diterima adalah karena Windows Vista memerlukan spesifikasi perangkat keras yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh tampilan aero yang begitu “berat” untuk komputer dengan spesifikasi hardware yang biasa-bisa saja dan software-software tambahan yang tertanam dalam Windows Vista membuat spesifikasi hardware begitu tinggi. Hal inilah yang menjadi penyebab utama mengapa Windows Vista sulit diterima oleh para pengguna.
Microsoft Corp. selaku produsen terbesar dibidang OS tidak mau mengecewakan pelanggannya begitu saja, sehingga baru-baru ini mereka mengmbangkan OS baru yang diberi nama Windows7 (Windows Seven), menurut para pengamat, Windows baru ini diluncurkan untuk menggantikan posisi Windows Vista yang dianggap “gagal”. Menurut isu yang beredar, Windows7 ini akan diluncurkan pada akhir tahun 2009. Saat ini belum ada review yang menjelaskan Windows7 ini, apakah memerlukan spesifikasi yang tinggi atau tidak, karena pihak Microsoft masih belum memperkenalkan kepada publik secara resmi Windows7 ini. Yang pasti adalah pihak Microsoft akan memperbaiki kekurangan yang ada pada Windows Vista, dan untuk membuktikan ketangguhan Windows7 ini, kita hanya bisa menunggu akhir tahun 2009 untuk membuktikan apakah Windows7 lebih baik daripada Windows Vista dan bahkan Windows XP? Hanya waktu yang bisa menjawab. Apabila kita sudah mencoba Windows7 ini, barulah kita bisa menarik kesimpulan apakah Windows7 lebih baik dari Vista dan XP atau malah lebih buruk.

c. Windows Seven
Seorang bos enginner Windows, Steven Sinofsky, mengungkapkan bahwa pihak Microsoft telah me-launching blog Windows 7. Menurut rencana Sinofsky, blog Windows 7 tersebut nantinya dapat digunakan share beberapa detail dari Windows 7.
“PDC atau Professional Developers Conference yang akan diselenggarakan tanggan 27 Oktober nanti, dan WinHEC atau Windows Hardware Engineering Conference dalam mingu berikutnya, akan merepresentasikan sarana pertama kali, dimana kami dapat menyediakan informasi teknis mengenai Windows 7. Blog ini juga akan menyediakan konteks dengan posting regular selama 2 bulan ke depan, mengenai pengembangan Windows 7 di belakang layar.”, kata Sinofsky dan Jon Devaan, kepala sistem operasi Windows Core.
Menurut Sinofsky, Microsoft akan memasukkan Windows 7 pada PDC dalam beberapa manner. Sinofsky mengakui bahwa Microsoft tidak akan berbicara banyak, namun kembali kepada line standard Microsoft, bahwa perusahaan tersebut tidak akan melakukan share detail peluncuran selama mereka belum mencapai level penyelesaian yang nyata. Sinofsky menuturkan beberapa detail dari Windows 7 yang akan menggunakan driver yang sama dan basic kernel dari Windows Vista, yang menurut rencana akan dipasarkan pada Januari 2010, tiga tahun setelah peluncuran Windows Vista. Microsoft juga akan memasukkan interface multi-touch ke dalam Windows 7.
“Kami sangat percaya bahwa kesuksesan Windows 7 berasal dari keterbukaan, kejujuran dan diskusi mengenai bagaimana kami menyeimbangkan interest dan software dengan skala Windows. Kami menjanjikan akan membuat sebuah dialog dan segala detailnya dalam blog Windows 7 ini.”, kata Sinofsky.
Sinofsky menambahkan, bahwa Microsoft telah merangkul lebih banyak dan lebih dalam dengan pembuat beberapa pembuat computer lainnya, untuk ikut menjadi bagian dari proses desain Windows 7. Menurut rencana, blog Windows 7 ini mulai siap digunakan pada bulan Oktober mendatang.
Seperti yang telah dipaparkan dalam artikel sebelumnya mengenai Windows Server 2008, Windows Server Core merupakan salah satu opsi installasi yang ditawarkan oleh Microsoft dalam bundle installasi Windows Server 2008. Windows Server Core sendiri merupakan sebuah opsi installasi pada Windows Server 2008 yang meminimalisasi komponen-komponen yang tidak penting dalam server dengan tujuan untuk kestabilan dan meminimalkan resiko untuk diserang karena aplikasi/role yang ada pada server terbatas sesuai kebutuhan. Selain itu Windows Server Core juga menyediakan opsi pilihan Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit untuk dapat disesuaikan mengikuti spesifikasi hardware yang ada.
Kehadiran Windows Server Core dalam Windows Server 2008 ini juga memberikan sebuah opsi spesifikasi hardware yang cukup melegakan di kalangan pengembang, oleh karena sistem ini tidak membutuhkan hardware spesifikasi tinggi seperti pada Vista untuk menjalankannya.
Spesifikasi minimum yang dianjurkan untuk Windows Server Core juga tidak terlalu memusingkan, karena Windows Server Core ini hanya membutuhkan sebuah otak processor Intel Pentium 4 dengan RAM 512 MB dan space penyimpanan 2 GB untuk installasi Server Core yang memakan space tidak lebih dari 1GB.
Windows Server Core sendiri tersedia dalam 3 pilihan versi, yaitu versi Standart, Enterprise dan Data Center. Untuk tampilan, Server Core menyajikan tampilan yang minimalis, karena tidak mempunyai desktop shell, wallpaper maupun screensaver. Karena ketiadaan desktop shell inilah, maka pengguna harus mempergunakan perintah Command Line pada Command Prompt untuk menjelajahi file dan directory. Untuk memaksimalkan utilisasi server, Windows Server Core juga meniadakan beberapa feature dasar Windows seperti IE (Internet Explorer), Wordpad, dan Paint. Hal ini ditempuh untuk karena aplikasi tersebut tidak berhubungan dengan fungsi server dan untuk meminimalisasi unsur Graphical User Interface (GUI) dan penggunaan efek-efek tampilan yang biasa menjadi ciri khas keunggulan Windows.
Lebih lanjut, hal yang mungkin paling disukai seorang Administrator dari Windows Server Core adalah karena dalam proses installasi kita dibebaskan untuk memilih fungsi layanan/role service dan feature mana saja untuk diinstall. Berikut ini merupakan feature-feature yang disediakan oleh Windows Server Core:

• Windows Hyper-V
• File Service
• Print Server
• ADDS (Active Directory Domain Service)
• DHCP (Dynamic Hosting Configuration Protocol)
• AD LDS (Active Directory Lightweight Directory Service)
• IIS (Internet Information Services)
• Streaming Media Service
• DNS (Domain Name Server)
Dengan tidak adanya desktop shell, maka Administrator hanya akan mempergunakan Command Prompt untuk untuk mengatur seluruh service layanan yang ada di Windows Server Core ini. Namun begitu Windows Server Core tetap mampu memberikan kinerja maksimal dan reliabilitas serta tingkat keamanan yang dapat diandalkan seperti pada opsi installasi lengkap Windows Server 2008.

d. Adobe Photoshop

Adobe Premiere Pro CS3 merupakan salah satu software pengolah video yang sangat populer dan sudah diakui kecanggihannya. Kelengkapan fasilitas dan kemampuannya yang luar biasa dalam mengolah video, menjadikan software ini banyak dipakai oleh production house, karena keberadaannya benar-benar mampu membantu dan memudahkan pemakai dalam menyelesaikan pekerjaan. Buku panduan ini mengupas tuntas fasilitas yang disediakan oleh Adobe Premiere Pro CS. Pada setiap pokok bahasan, diulas secara detail dan disertai contoh aplikasi dalam mengolah video. Buku ini juga mengulas beberapa fasilitas terbaru yang ada di dalam Adobe Premiere Pro CS3
Adobe Premiere Pro CS3 merupakan program untuk mengedit dan mendesain suatu film atau video. Pada umumnya Adobe Premiere Pro CS3 memang sering digunakan untuk mengedit suatu movie, tetapi Anda dapat pula menggunakan perangkat lunak ini untuk membuat suatu desain iklan digital untuk memenuhi kebutuhan dunia periklanan audio visual. Dengan sistem pengolahan dan daya kreasi yang tinggi maka Anda dapat menciptakan suatu hasil karya seni berbentuk desain iklan digital dengan animasi-animasi yang indah dan eksklusif.
Buku Editing Video dengan Adobe Premiere Pro CS3 membahas langkah-langkah untuk mengoperasikan program Adobe Premiere Pro CS3 serta membahas kelebihan-kelebihan Adobe Premiere Pro CS3 sebagai versi terbaru dari Program Adobe Premiere. Buku ini menjelaskan pula langkah-langkah pemberian efek pada suatu video sehingga akan menghasilkan video yang bagus. Dalam pembahasannya, buku ini disertai dengan petunjuk dan gambar yang akan membantu Anda dalam mempelajari dan memahami proses pembuatan dan pengeditan sebuah video.
Sajian yang tertata rapi dan contoh aplikasi yang tertuang dalam buku ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan latihan bagi Anda untuk lebih memahami dan menguasai program Adobe Premiere Pro CS3 dengan baik.
Pokok bahasan yang disajikan dalam buku ini meliputi:

• Mengenal lembar kerja Adobe Premiere Pro CS3
• Bagaimana cara membuat project
• Mengenal fungsi tool Adobe Premiere Pro CS3
• Membuat desain title dan mengolah title
• Mengenal animasi transformasi dasar
• Cara penggunaan efek video dan audio
• Mengolah video dan audio yang baik
• Cara mengolah Plugin Trapcode
• Rendering yang benar
• Membuat VCD dan DVD

 

Iklan