Apa itu Malware

 

Definisi Malware – Malware mengambil beberapa bentuk, termasuk virus, Trojans, spyware dan rootkit. Virus komputer masuk ke dalam komputer Anda sebagai bagian dari file download atau pada media portabel seperti USB drive. Virus ini berjalan sebagai program low-profile di komputer Anda, menciptakan dan mengirimkan salinan dirinya. Sebuah Trojan adalah virus yang biasanya menyebar sendiri melalui lampiran email dan file lain menyamar sebagai video lucu atau dokumen penting. Bila Anda klik pada lampiran, virus menginstal sendiri.

Spyware diam-diam mencatat pencarian Web Anda, penekanan tombol dan aktivitas lainnya, mencari password, nomor rekening bank dan informasi penti

ng lainnya. Program spyware mengirim data Anda melalui Internet ke komputer lain, di mana identitas pencuri dan bisnis yang tidak bermoral mengambilnya. Rootkit menginstal dalam sistem operasi komputer, ketika Anda menghapus proses malware terlihat dan kemudian restart komputer Anda, tindakan restart reinstalls malware. Rootkit ini sulit untuk mendeteksi dan menghapus.

Gejala Malware pada komputer– Komputer terinfeksi dengan malware menampilkan berbagai gejala, beberapa, jelas orang lain hampir tak terlihat. Tanda-tanda jelas termasuk menjengkelkan, gigih jendela pop-up di halaman Web dan penurunan kecepatan komputer Anda. Sebuah virus dapat membajak sistem anda untuk mengirimkan sejumlah besar email spam, yang memperlambat program lain dan membawa aktivitas Internet merangkak. Beberapa program malware mencegah Anda menjalankan sistem Bantuan Microsoft Window atau browser Web Anda. Program malware pintar meniru software anti-virus, ini tiba-tiba muncul di komputer Anda, berkedip pesan peringatan dan menawarkan untuk memperbaiki “masalah” dengan harga tertentu. Jika Anda melihat pesan ini, tidak menerima tawaran tersebut. Apa itu Malware

Jika Anda mencurigai infeksi, tutup semua program yang terbuka pada PC tetapi tidak restart. Jika Anda memiliki lebih dari satu PC di jaringan asal Anda, lepaskan salah satu terinfeksi jika memungkinkan. Membuat salinan cadangan dari dokumen penting Anda baru saja dibuat atau diubah. Perhatikan program perangkat lunak apapun yang Anda instal dalam beberapa hari terakhir, kecuali mereka berasal dari sumber terpercaya, program ini mungkin telah menyebabkan infeksi. Jika program datang dari sumber yang meragukan, jangan pasang kembali. Menahan diri dari mengirim email dari PC yang terinfeksi sampai Anda memperbaiki masalah.

Deteksi dan Identifikasi Malware – Sebuah program deteksi malware memindai hard drive komputer Anda, mendeteksi dan mengidentifikasi masalah. Biasanya disebut anti-malware atau anti-virus, program ini memiliki perpustakaan built-in jenis malware dan secara berkala mendownload informasi malware baru dari pengembang. Hal ini diperlukan, sebagai penulis malware membuat variasi baru hampir setiap hari. Ketika Anda melakukan pemindaian, termasuk internal hard drive komputer Anda dan setiap USB eksternal hard drive atau memori stick, karena ini juga dapat berisi malware.

PC baru bisa termasuk program anti-malware terinstal atau paket program bersama dengan berlangganan update perpustakaan malware. Beberapa pilihan umum termasuk McAfee Total Protection, Symantec Norton 360 dan garis Titanium Trend Micro. Ada banyak orang lain, termasuk Malwarebytes, Microsoft Security Essentials dan garis rumah keamanan Kaspersky Lab. Tinjauan independen berdasarkan pengujian malware adalah taruhan terbaik untuk mencari solusi yang efektif.

The Corporation Malwarebytes mendistribusikan versi gratis dari perangkat lunak pemindaian Malwarebytes perusahaan yang melakukan pekerjaan yang berwenang dari mendeteksi, mengidentifikasi dan menghilangkan infeksi. Untuk $ 25, Anda dapat meng-upgrade ke versi Pro, yang mencegah infeksi dan memiliki fitur canggih lainnya. CNET editor tingkat Malwarebytes 4 1/2 bintang dari 5.

Microsoft menawarkan scanner virus yang disebut Microsoft Security Essentials gratis untuk pengguna rumah dan usaha kecil dengan 10 atau lebih sedikit PC. Menurut para ahli di TechRadar, menginstal perangkat lunak menggantikan program default dikenal sebagai Windows Defender di Windows Vista dan 7. Microsoft Security Essentials mendukung Windows XP, Vista dan 7. Jika Anda memiliki XP, Anda tidak memiliki Windows Defender, sehingga Microsoft Security Essentials sangat layak pertimbangan Anda.

Kaspersky Lab menjual berbagai anti-malware paket termasuk rumah dan edisi bisnis. Kantor pribadi dan rumah biaya perangkat lunak anti-virus antara $ 40 dan $ 180, tergantung pada komputer dan kebutuhan spesifik Anda. Lisensi perangkat lunak adalah berlangganan tahunan ke database malware Kaspersky. Perpanjangan berlangganan yang sedikit lebih murah dari harga pembelian awal. Berdasarkan kasus per kasus, Kaspersky Lab juga menawarkan satu tujuan program untuk menghapus malware tanpa biaya; setiap program mendeteksi dan menghapus program malware tertentu.

Jika Anda memiliki waktu dan kesabaran, kunjungi website seperti Komputer profesional di situs-situs “Komputer Bleeping” Relawan untuk membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang berhubungan dengan malware. Pada situs ini, Anda mengeposkan pesan, memberikan rincian dari masalah. Para ahli di sana memberikan Anda langkah demi langkah petunjuk untuk menghapus malware. Biasanya, mereka menyediakan link untuk men-download sekali pakai perangkat lunak yang membahas virus tertentu. Mereka menyediakan layanan ini tanpa biaya kepada Anda. Jika PC Anda memiliki infeksi berat, menggunakan komputer kedua untuk melakukan penelitian dan men-download perbaikan yang diperlukan.

Pemindahan Malware – Program anti-virus yang sama yang mendeteksi malware juga menghapus itu. Biasanya, setelah pemindaian hard drive Anda, program akan menampilkan daftar file malware. Anda memilih mereka dan klik tombol “Delete” untuk menghapus malware. Jarang, perangkat lunak mungkin memiliki positif atau bendera palsu program yang tidak malware. Loncat file-file yang Anda percaya dan menghapus sisanya. Setelah menghapus file malware, scanner akan meminta Anda untuk me-restart komputer Anda. Ketika komputer kembali ke kondisi kerja normal, jalankan lagi virus scanner. Ini tidak sering terjadi, tapi program anti-virus Anda mungkin mendeteksi malware yang sama. Dalam hal ini, komputer Anda memiliki rootkit, yang scan virus tidak menghapus. Melakukan pencarian Internet pada nama file malware untuk menemukan, gratis satu tujuan program yang dirancang untuk menghapusnya. Download dan jalankan program dan scan lagi. Program ini dapat menghapus rootkit yang mendasari tetapi meninggalkan beberapa file malware. Virus scan menghilangkan ini. Apa itu Malware

Pencegahan Malware – Karena malware mengancam privasi Anda, mengurangi produktivitas dan menimbulkan kesulitan dalam penghapusan, mengambil langkah untuk mencegah infeksi. Perangkat lunak Windows, dimulai dengan XP, dilengkapi program firewall yang mencegah penyusup luar dari membahayakan komputer Anda, program ini tetap diaktifkan. Latihan skeptisisme sehat ketika membaca email Anda, jangan membuka lampiran kecuali anda tahu pengirim dan isi – dan kecuali jika Anda mempercayai pengirim untuk latihan tingkat tinggi hati-hati juga. Untuk alasan yang sama, jangan klik link Web tertanam dalam email. Hindari situs-situs buruk atau mereka ditandai sebagai terinfeksi oleh mesin pencari, sebagai hanya memuat halaman Web dapat menginstal infeksi. Mendorong semua pengguna PC untuk melakukan hal yang sama. Salinan cadangan file penting dan dokumen ke removable media, seperti USB drive atau DVD dapat ditulis dan menjaga media di tempat yang aman. Instal program anti-malware yang baik, tetap up to date dengan update berkala dan memindai hard drive Anda secara teratur.

Iklan